jadwal UN/USBN sudah keluar

shares |

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 tetap dilaksanakan di tahun 2017. pelaksanaannya pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017. dalam pelaksanaannya akan diperluas penggunaan ujian berbasis komputer oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


UN dilaksanakan terlebih dahulu oleh SMK/MAK yaitu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017, tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 April 2017 dilaksanakan oleh siswa SMA/MA. Untuk pelaksanaan UN SMP akan dibagi menjadi dua gelomban akibat kurangnya komuter yang tersedia. Gelombang pertama berlangsung pada tanggal 2, 3, 4, 15 Mei 2017. Sedangkan gelombang kedua berlangsung pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.


Totok Suprayitno sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, mengatakan, diperlukan adanya kerja sama, khususnya berbagi sumber daya atau resource sharing, dalam penggunaan komputer. Saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksanaan ujian berbasis komputer. Dengan jadwal UN SMK/MAK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berbeda-beda, komputer dapat digunakan secara bergantian.
Mendikbud mengatakan, “Ujian berbasis komputer dilaksanakan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional. Mendikbud juga mengimbau dinas pendidikan untuk mendata jumlah komputer di sekolah-sekolah di wilayahnya, serta mencari solusi terbaik dalam mengadakan fasilitas komputer untuk pelaksanaan UN”. Muhadjir Effendy, 2016

“Masing-masing dinas laporkan (data jumlah komputer) kepada kami. Untuk solusi, misalnya bisa meminjam komputer dari lembaga kursus komputer di daerahnya, atau bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat,” ujar Mendikbud.

dengan adanya info ini, diharapkan seluruh siswa yang akan melaksanakan UN / USBN agar mempersiapkan diri sedini mungkin. UN tidak terkait oleh beberapa hari pelaksanaan, tapi berkaitan dari hari ini, ketika kita menyicil apa yang akan dipelajari maka kita punya tabungan yang cukup untuk menghadapi UN / USBN.

belum tahu pelajaran apa yang di ujikan saat UN/USBN? cek disini mata pelajaran yang diujikan di UN/USBN.

semoga berhasil.


*sumber kemdikbud

Related Posts

0 berbicara:

Post a Comment