TEKNIK PENGEMBANGAN INTRUMEN OBSERVASI
|
Dalam penelitian
tentu membutuhkan intrumen observasi untuk menghasilkan data yang akurat. Kami akan
paparkan 4 bagian dalam langkah-langkah membuat instrumen observasi. 4 bagian
tersebut adalah merencanakan,
Teknik pelaksanaan, Acuan instrumen, dan Pemberian umpan balik. Berikut kami
jabarkan poin-poin pentingnya :
Petunjuk
Teknis Perencanaan Penilaian
dengan Observasi
- Menentukan kompetensi sikap yang akan dinilai,
- Menentukan komponen sikap yang akan dinilai, apakah terkait kognitif, afektif atau konatif,
- Menyusun indikator tampilan sikap sesuai kompetensi yang akan diukur,
- Merencanakan waktu penilaian (selama proses pembelajaran atau di akhir pembelajaran),
- memilih teknik penilaian yang sesuai dengan indikator sikap yang akan diukur (misalnya: catatan harian, daftar cek, catatan anekdot),
- menyusun rubrik penilaian sikap berupa kriteria kunci yang menunjukkan capaian indikator,
- Merencanakan teknis pencatatan sikap apakah dalam bentuk check list, deskripsi ataupun kualifikasi (baik, sedang, kurang) dari tampilan sikap peserta didik,
- Menyusun lembar observasi untuk mencatat tampilan sikap peserta didik,
- Menyusun tugas jika diperlukan. Tugas digunakan untuk tampilan sikap peserta didik yang dapat direncanakan dan atau dikondisikan untuk dapat ditampilkan oleh peserta didik.
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Dengan
Observasi
•
Menyampaikan kompetensi sikap yang perlu dicapai peserta didik,
•
Menyampaikan kriteria penilaian dan indikator
capaian sikap kepada peserta didik.
•
Melakukan
pengamatan terhadap tampilan sikap
peserta didik selama pembelajaran di dalam kelas atau selama sikap ditampilkan,
• Menemu ndikator pada rubrik
penilaian yang menunjukkan capaian sikap peserta didik,
•
melakukan pencatatan terhadap tampilan sikap peserta
didik,
•
Membandingkan tampilan sikap peserta didik dengan rubrik
penilaian,
•
Menentukan tingkat capaian sikap peserta didik.
Acuan instrumen penilaian sikap dengan observasi
•
Mengukur aspek sikap (bukan aspek
kognitif atau psikomotor) yang dituntut kompetensi inti dan kompetensi dasar,
•
sesuai dengan
kompetensi yang akan diukur,
•
memuat sikap atau indikator sikap
yang dapat diobservasi,
•
mudah atau feasible untuk
digunakan,
•
dapat
merekam sikap peserta didik.
Petunjuk
Teknis Pemberian Umpan Balik Hasil Observasi
•
Umpan
balik yang disampaikan kepada peserta didik berdasarkan
hasil observasi,
•
Disampaikan
dengan bahasa yang jelas
•
Umpan balik disampaikan
secara lisan melalui konferensi
atau secara tertulis dan
bersifat konstruktif,
•
Umpan balik
memotivasi peserta didik untuk meningkatkan sikapnya.
0 berbicara:
Post a Comment