TEKNIK PENGEMBANGAN INTRUMEN OBSERVASI

shares |

 Dalam penelitian tentu membutuhkan intrumen observasi untuk menghasilkan data yang akurat. Kami akan paparkan 4 bagian dalam langkah-langkah membuat instrumen observasi. 4 bagian tersebut adalah merencanakan, Teknik pelaksanaan, Acuan instrumen, dan Pemberian umpan balik. Berikut kami jabarkan poin-poin pentingnya :

Petunjuk  Teknis  Perencanaan Penilaian dengan Observasi

  1. Menentukan kompetensi sikap yang akan dinilai,
  2. Menentukan komponen  sikap  yang akan dinilai, apakah  terkait  kognitif,  afektif  atau   konatif,
  3. Menyusun  indikator  tampilan  sikap  sesuai kompetensi yang akan diukur,
  4. Merencanakan  waktu  penilaian (selama proses pembelajaran atau di akhir pembelajaran),
  5. memilih  teknik  penilaian  yang  sesuai dengan indikator  sikap yang akan diukur  (misalnya:  catatan  harian,  daftar  cek,  catatan anekdot),
  6. menyusun  rubrik penilaian sikap berupa kriteria kunci yang menunjukkan capaian indikator,
  7. Merencanakan   teknis  pencatatan sikap apakah  dalam  bentuk  check list, deskripsi ataupun kualifikasi  (baik,  sedang,  kurang) dari tampilan sikap peserta didik,
  8. Menyusun lembar observasi untuk mencatat tampilan sikap peserta didik,
  9. Menyusun tugas jika diperlukan. Tugas digunakan untuk tampilan sikap peserta didik yang dapat direncanakan dan atau dikondisikan untuk dapat ditampilkan oleh peserta didik.



Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Dengan Observasi 
          Menyampaikan kompetensi sikap yang  perlu dicapai peserta didik,
          Menyampaikan kriteria penilaian dan indikator capaian sikap kepada peserta didik.
          Melakukan pengamatan  terhadap tampilan sikap peserta didik selama pembelajaran di dalam kelas atau selama  sikap ditampilkan,
         Menemu ndikator pada rubrik penilaian yang menunjukkan capaian sikap peserta didik,
          melakukan  pencatatan terhadap tampilan sikap peserta didik,
          Membandingkan  tampilan sikap peserta didik dengan rubrik penilaian,
          Menentukan  tingkat capaian sikap peserta didik.

Acuan instrumen penilaian sikap dengan observasi
          Mengukur aspek sikap (bukan  aspek  kognitif atau psikomotor) yang dituntut kompetensi inti dan kompetensi dasar,
          sesuai  dengan  kompetensi yang akan diukur,
          memuat  sikap  atau  indikator  sikap  yang dapat  diobservasi,
          mudah atau feasible untuk digunakan,
          dapat merekam  sikap peserta didik.

Petunjuk  Teknis  Pemberian Umpan Balik Hasil Observasi
          Umpan  balik  yang  disampaikan kepada peserta didik berdasarkan hasil observasi,
          Disampaikan  dengan  bahasa  yang jelas
          Umpan  balik  disampaikan  secara  lisan melalui konferensi atau secara tertulis dan bersifat konstruktif,
          Umpan balik  memotivasi  peserta  didik untuk meningkatkan sikapnya.


Related Posts

0 berbicara:

Post a Comment