peran ganda anggota koperasi

shares |


Dalam koperasi, bagian yang tertinggi adalah rapat anggota. Rapat anggota yang trerdiri dari beberapa individu yang terdaftar sebagai anggota koperasi. Anggota koperasi merupakan kekuatan utama pada koperasi, ketika sumber daya manusia (anggota) berkualitas maka koperasinya akan berjalan dengan baik.

Angota memiliki peranan yang sangat penting bagi dirinya sebagai pemilik koperasi, status ini atas konsekuensi dari prinsip koperasi yang mewajibkan anggotanya berinvestasi melalui simpanan wajib/pokok. Berkontribusi terhadap pembentukan dan pertumbuhan koperasi. Bahkan sampai mengambil bagian dalam penetapan tujuan, pembuatan keputusan, dan dalam proses pengawasan terhadap tata kehidupan berkoperasi.

Selain pemilik koperasi, setatus yang terselip pada anggota adalah sebagai pelanggan/pemakai. Sebagai badan hukum yang memiliki unit usaha, koperasi berusaha agar unit usahanya terus berjalan dan terberkembang, maka diharuskan adanya konsumen/pembeli. Konsumen/pembeli yang berpotensi besar ternyata ada pada anggota koperasi itu sendiri. Anggota memanfaatkan sebesar-besarnya yang ada di koperasi untuk kebutuhan pribadinya sehingga menciptakan laju perputaran pada koperasi.


Dari bentuk ini, anggota memiliki peran sebagai pemilik koperasi dan sebagai pelanggan/pemakai dapat disimpulkan peran anggota menjadi ganda, ini menjadi kekuatan pada koperasi karena peran ini bisa berjalan bersamaan yang pada akhirnya menguatkan koperasi itu sendiri.

Related Posts

0 berbicara:

Post a Comment